Makanan Paling Enak Khas Sunda

Makanan Khas Sunda Paling Populer dan Lezat

makanan jawa barat

Suku Sunda merupakan kelompok etnis rtp live yang berasal berasal dari anggota barat pulau Jawa. Sama seperti beraneka etnis dan suku lainnya di Nusantara, masyarakat Sunda juga punyai kebudayaan khas dan otentik, juga didalam perihal kuliner. Makanan khas Sunda sendiri menjadi tidak benar satu menu makanan yang terlalu tersohor kelezatannya, bahkan dapat ditemukan di beraneka daerah di luar lokasi Jawa Barat.

Dari sekian banyak makanan Sunda yang ada, mana makanan khas daerah Sunda yang menjadi pilihan favoritmu? Yuk, eksplorasi lebih banyak cita rasa makanan khas Sunda bersama dengan cicipi ragam makan tradisional Sunda terpopuler berikut:

1. Nasi Tutug Oncom

Makanan tradisional Sunda satu ini dapat dikatakan sebagai tidak benar satu makanan khas suku Sunda paling populer. Sesuai bersama dengan namanya, Tutug Oncom, makanan khas Sunda ini terbuat berasal dari nasi yang di-’tutug’ atau ditumbuk bersama dengan oncom yang pada mulanya sudah digoreng. Sajian Nasi Tutug Oncom khas Sunda sering dihidangkan bersama dengan lauk pauk sederhana khas Sunda seperti jelas dan tempe goreng, ayam goreng, lengkap bersama dengan lalap sayuran segar serta sambal terasi.

2. Nasi Timbel

Selain Nasi Tutug Oncom, masih tersedia satu kembali sajian nasi khas Sunda lainnya yang tak kalah lezat, yakni Nasi Timbel. Makanan khas Sunda ini merupakan sajian nasi kukus yang dibungkus bersama dengan daun pisang agar punyai aroma memadai khas. Penyajiannya tak berbeda bersama dengan sajian makanan khas Sunda pada umumnya, yakni bersama dengan lauk-pauk tradisional seperti pepes, ayam goreng, jelas dan tempe, serta lalapan dan sambal sebagai pelengkap. Makanan Sunda ini memadai gampang ditemukan di restoran-restoran dan warung-warung makan khas Sunda.

3. Bakakak Hayam

Makanan khas Sunda sesudah itu yang kudu untuk dicicipi Adalah Bakakak Hayam atau Ayam Bakakak. Makanan khas daerah Sunda ini juga sajian yang sering untuk kesibukan pesta adat, seperti pernikahan, sunatan dan upacara adat lainnya. Umumnya terbuat berasal dari bahan basic ayam kampung, makanan khas suku Sunda ini diolah bersama dengan ragam rempah agar punyai cita rasa khas. Menu makanan tradisional Sunda ini kebanyakan dihidangkan didalam bentuk utuh satu ekor ayam.

4. Karedok

Jika dilihat sekilas, makanan khas daerah Sunda sesudah itu ini menyerupai bersama dengan menu Gado-gado. Namun, terkandung perbedaan pada Karedok khas Sunda bersama dengan gado-gado dimana sayur-sayuran yang yang digunakan didalam sajian Karedok merupakan sayuran segar yang mentah sedang pada menu gado-gado sayuran sudah direbus khususnya dahulu. Makanan khas Sunda ini manfaatkan bahan basic sayuran segar seperti kacang panjang, timun lalap, tauge, terong bulat, kubis, dan kemangi yang kemudian disirami bersama dengan bumbu kacang yang gurih.

5. Lotek

Sama seperti Karedok, Lotek adalah makanan khas Sunda yang sekilas menyerupai gado-gado. Terbuat berasal dari sayuran yang direbus lantas dihidangkan bersama dengan nasi atau potongan lontong dan bumbu kacang, keunikan berasal dari makanan Sunda ini terkecuali dibandingkan bersama dengan Gado-gado adalah pemakaian terasi di bumbu kacangnya serta sering dihidangkan bersama dengan sambal dan tempe sebagai pelengkap. Secara rasa, Lotek punyai cita rasa yang sedikit lebih manis terkecuali dibandingkan bersama dengan gado-gado ataupun pecel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *