Kuliner Khas Banjarmasin

Hobi wisata kuliner? Kota Banjarmasin barangkali sbobet88 sesuai membuat Anda yang idamkan mencicipi sajian tradisional Indonesia. Berjuluk Kota Seribu Sungai, makanan khas Banjarmasin akan menggoyang lidah Anda bersama dengan masakan khas bercita rasa rempah Nusantara.

Kota Banjarmasin adalah tidak benar satu kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Mengutip banjarmasinkota.go.id, kota ini memiliki lokasi seluas 98,46 km2 yang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri berasal dari kira-kira 25 pulau kecil yang dipisahkan oleh sungai-sungai. Wilayah metropolitan Banjarmasin adalah Banjar Bakula, bersama dengan jumlah penduduk tidak cukup lebih 1,9 juta jiwa, berdasarkan sensus penduduk 2019.

Julukan Kota Seribu Sungai disematkan dikarenakan banyaknya sungai yang melintas di lokasi Kota Banjarmasin. Kota ini terdapat dekat muara Sungai Barito dan dibelah oleh Sungai Martapura agar seolah-olah kota Banjarmasin terbelah dua.

Berdasarkan knowledge Badan Pusat Statistik (BPS), terkandung kira-kira 102 sungai yang mengalir di Banjarmasin. Salah satu keunikan kota ini yaitu bayaknya anak sungai yang dimanfaatkan oleh penduduk untuk kegiatan sehari-hari, seperti sarana transportasi.

Banjarmasin memiliki sasaran untuk menjadi kota Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE) untuk Ibu Kota Negara (IKN). Beberapa jalur yang akan ditempuh terhitung pembangunan fasilitas, penataan, dan revitalisasi sungai untuk pariwisata dan transportasi.

Makanan Khas Banjarmasin

Makanan khas Banjarmasin yang cukup tenar adalah soto banjar. Kuliner Kalimantan Selatan ini kaya akan rempah seperti kapulaga, cengkih dan kayu manis yang merebak berasal dari kuah sotonya.

Makanan khas yang satu ini dibikin bersama dengan isian daging ayam, ketupat, irisan telur rebus, perkedel kentang, bihun, seledri dan taburan daun bawang yang gurih dan nikmat.

Namun, bukan hanya soto banjar saja yang dapat Anda cicipi terkecuali singgah ke Banjarmasin. Masih banyak makanan khas lainnya yang siap menyambut para pelancong. Mengutip beraneka sumber, berikut makanan khas Banjarmasin:

1. Sop Mutiara

Makanan khas Banjarmasin yang pertama adalah sop mutiara. Bukan mutiara sungguhan, melalui kuliner ini wisatawan diajak untuk menikmati olahan daging ayam tradisional yang digiling dan dibentuk bulat seperi bakso berukuran kecil.

Walaupun diberi nama sop, kuahnya tidak seperti sup terhadap umumnya. Kuah sop mutiara kebanyakan pakai susu, pala, bawang putih dan bawang merah agar rasanya gurih. Sop mutiara sesuai disantap dikala cuaca dingin. Sop mutiara yang hangat merasa dua kali lebih nikmat.

2. Nasi Itik Gambut

Sesuai namanya, kuliner satu ini menggandeng itik sebagai sajian utamanya. Makanan khas Banjarmasin ini merupakan olahan nasi dan itik yang dimasak bersamaan dengan bumbu-bumbu khas, seperti habang. Cita rasa pedas manis akan langsung menyapa lidah.

Nasi itik gambut biasanya disajikan di atas daun pisang. Kemudian, diberi nasi hangat secukupunya.

3. Cacapan Asam

Cacapan asam identik sebagai pelengkap hidangan lainnya. Kuliner khas yang satu ini biasa dibilang acarnya orang Banjar. Dalam bahasa Banjar cacapan berarti cocolan.

Cacapan asam terbuat dari ragam buah-buahan yang dicincang dan dicampur bersama bumbu dapur lain, seperti asam jawa, cabai rawit, bawang merah dan garam. Cocolan ini biasa dijadikan pendamping untuk makanan yang diproses dengan cara dibakar, direbus, digoreng, atau diasinkan.

Nantinya, makanan tersebut akan dicocol ke cacapan asam dan disantap bersamaan dengan nasi. Cacapan asam memiliki perpaduan cita rasa manis, asam, pedas dan gurih yang siap memanjakan lidah.

4. Ketupat Kandangan

Makanan khas Banjarmasin berkuah lainnya adalah ketupat kandangan. Kuliner yang mudah ditemukan di daerah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah ini identik dengan kuah santan serta pelengkap berupa ikan dan telur.

Ketupat ini biasanya diisi dengan potongan ikan haruan asap atau ikan gabus asap. Selain itu, makanan ini sering kali dilengkapi dengan sajian ikan patin dan ikan gurame yang sudah diasap.

Selanjutnya Daging ikan akan disiram oleh kuah santan dari rerempahan tradisional sehinga menciptakan rasa yang khas.

5. Lontong Orari

Hampir serupa dengan ketupat kandangan. Hanya saja, lontong ini memiliki bentuk yang unik dan disantap bersamaan dengan hidangan pendamping seperti irisan labu, buncis, ikan gabus, dan telur yang dimasak dengan bumbu kemerahan dan disiram kuah santan yang gurih.

6. Bubur Baayak

Selain soto dan ketupat, Banjarmasin punya hidangan andalan lainnya, yaitu bubur baayak. Bubur berwarna kecoklatan ini terkenal dengan rasa gurih yang berpadu dengan rasa manis.

Bubur tradisional ini terbuat dari olahan tepung beras, gandum dan air dengan tekstur bubur yang kental dan masih memiliki butiran-butiran tepung.

7. Apam Barabai

Selain makanan berat, Banjarmasin menawarkan berbagai macam kue tradisional, salah satunya apam barabai. Kue ini terbuat dari tepung beras, tape singkong, santan kelapa, gula merah dan gula putih. Apam barabai memiliki tekstur lembut dan legit dengan rasa yang sangat khas.

8. Bingka

Bingka cocok untuk dijadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Kota Banjarmasin. Camilan khas suku Banjar ini memiliki rasa manis dengan tekstur lembut dan agak sedikit berlemak. Bingka terbuat dari adonan tepung terigu, santan, telur, gula pasir dan garam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *