Makanan Khas Jerman yang Layak untuk Vegetarian, Simak Juga Asal-Idenya

Saat mendengar kata makanan khas Jerman, mungkin sebagian dari kita langsung mengkaitkannya dengan daging.
Korelasi ini tak salah mengingat Jerman dikenal dengan birnya yang sedap dikonsumsi bersamaan dengan ayam, babi, dan daging lainnya. Dulu, makanan tradisional Jerman dikenal membosankan sebab hambar dan kurangnya tipe. Tapi, berkat relasi yang erat dengan Perancis dan Itali, pengetahuan warga Jerman soal bumbu sampai metode memasak alhasil bertambah.

Kebanyakan masakan mereka punya ciri khas yang sederhana, ialah ‘mengenyangkan’ dan menggunakan bahan utama daging. Meskipun lekat dengan santapan berdaging, Jerman sebenarnya punya banyak makanan vegetarian. Makanan vegetarian Jerman sudah tercipta sejak bertahun-tahun yang lalu dan sampai sekarang kerap jadi menu favorit di pelbagai cafe dan perayaan spesial.Agar pengetahuanmu bertambah, berikut ini tersedia sejumlah makanan khas Jerman yang layak untuk vegetarian beserta sejarahnya.

Daftar Makanan Khas Jerman untuk Vegetarian1. Käsespätzle
Hidangan utama ini slot mahjong terbentuk dari gabungan pasta kecil (spätzle), keju emmental, serta taburan bawang goreng. Santapan ini mirip dengan mac and cheese sebab volume kejunya melimpah dan metode memasaknya dengan metode dipanggang.Spätzle bisa dikatakan sebagai makanan pujian warga Swabia, salah satu kawasan di Jerman. Malahan, penulis Josef Eberle yang berasal dari tempat itu sampai menyebut spätzle sebagai dasar dari masakan, cahaya dari Jerman, serta alpha dan omega dari masakan Swabia.Seperti halnya warga Indonesia yang terbiasa makan nasi, warga Swabia sudah kerap menyantap mac and cheese ala Jerman itu. Spätzle sendiri berasal dari kata Jerman “spatzen”, yang artinya burung pipit. Ada tiga kemungkinan mengapa hidangan yang sudah diciptakan sejak tahun 1725 ini dinamai “burung pipit”. Sebelum ada alat khusus, warga lazimnya menggunakkan tangan untuk membikin adonan pasta. Cara mereka meletakkan adonan itu mirip seperti sedang membatasi burung pipit. Spätzle juga bisa terinspirasi dari metode membentuk adonannya yang menggunakan dua sendok kecil. Adonan yang diciptakan berbentuk oval dan kelihatan seperti tubuh burung pipit. Kemungkinan terakhir ialah warga Jerman terinspirasi dari kata Italia “spezzato” yang berarti potongan kecil.Makanan khas Jerman ini layak dikonsumsi sembari minum arak atau menyantap salad.Käsespätzle lazimnya dihidangkan ketika perayaan Natal bersama keluarga atau ketika makan siang bersama pada hari libur. Pasta kecil itu juga kerap disebut knöpfle yang bermakna kancing kecil. Tapi, formatnya bola kecil. Berbeda dengan spätzle yang ukurannya lebih panjang.

  1. Spargelsuppe atau Sup Asparagus Putih

Tidak cuma cinta daging, warga Jerman terbukti juga menyenangi menyantap asparagus, lo! Apalagi ketika musim semi tiba, warga Jerman langsung berbondong-bondong membeli asparagus di pasar. Sang “emas putih” itu malahan sudah dikonsumsi sebanyak 125.000 ton setiap tahunnya dan punya musim khusus bernama musim asparagus putih (spargelzeit). Sayuran itu awam diolah dalam wujud sup yang dalam bahasa Jerman disebut spargelsuppe. Biasanya, warga menghaluskan asparagus secara khusus dahulu lalu ditambah dengan kaldu dan sedikit krim untuk menambah cita rasa makanan khas Jerman ini. Kepala dari batangnya dimasukkan paling akhir.Asparagus awalnya disampaikan oleh Kekaisaran Romawi ketika mereka berupaya menumbangkan Jerman. Permintaan asparagus meningkat sampai alhasil kawasan Rheinland di Jerman Barat digunakan untuk menanam sayuran itu. Setelah Kekaisaran Romawi runtuh, industri asparagus seakan menghilang dan baru disampaikan kembali pada abad 16. Sayuran itu lebih kerap digunakan sebagai obat, namun, pelan-lahan, asparagus diciptakan bahan makanan.Kenapa warna asparagus itu amat putih? Konon katanya, ada hujan es lebat yang merusak panen asparagus. Alhasil, warga terpaksa makan komponen yang tumbuh di bawah tanah. Ternyata rasanya lebih lembut dan manis dibandingi asparagus awam. Sayuran ini juga pernah dianggap mewah sebab cuma tersedia untuk kalangan bangsawan saja sampai dijuluki “emas putih” (das Weißgold).

  1. Kartofelpuffer

Makanan pendamping yang satu ini formatnya mirip dengan pancake yang tenar di Amerika Serikat atau bakwan di Indonesia. Kartofelpuffer menggunakan bahan kentang parut, telor, serta tepung yang digoreng di atas panci. Pancake kentang ini jadi camilan favorit di hari Natal dan lazimnya dilengkapi dengan saus apel atau krim asam.Kentang sebenarnya sudah ada sejak 200 tahun yang lalu di Jerman. Tapi, sebab disangka sayuran tak bernutrisi, kentang alhasil dikesampingkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *