Makanan Khas Palu, Sekali Coba Bikin Rindu Paling Enak

Tekstur, aroma, dan pelaksanaan memasaknya juga mempunyai ciri khas masing-masing. Daripada linglung memikirkannya, tulisan berikut ini bisa membuat kamu mempunyai bayang-bayang bagaimana bentuk, tekstur dan rasanya.

  1. Palumara

Palumara merupakan salah satu makanan khas Kaili, salah satu suku di Pulau Sulawesi. Suku ini sebagian besar berada di Provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi.

Masakan yang menggugah selera ini mempunyai bahan utama ikan, dengan bumbu utama bercita rasa asam yang terasa segar. Ada sebagian ragam ikan yang awam dipergunakan dalam membuat olahan palumara. Ada yang menyukai ikan bandung, ada juga yang lebih memilih ikan kakap, atau ikan tongkol.

Namun ternyata masakan yang satu ini juga mempunyai ‘saudara’ yang juga mempunyai nama yang hampir sama yang berasal slot spaceman dari Makassar, namanya ‘Pallumaru’. Tak perlu berdebat yang mana yang lebih dahulu, yang terutamanya merupakan keduanya mempunyai rasa yang benar-benar sedap.

  1. Milu Siram

Bagi kamu yang mencari masakan yang berbahan utama jagung, salah satu yang bisa kamu pilih merupakan milu siram. Milu siram umumnya menggunakan bahan sayuran segar seperti jagung, tomat dan daun kemangi yang memberikan aroma yang harum nan menggoda. Ikan cakalang atau udang juga menjadi komponen dari sajian sedap ini.

Kerja memasaknya juga tergolong gampang, merupakan dengan merebus bahan-bahan dalam resep secara terpisah. Untuk penyajiannya, ambil secukupnya tiap-tiap bahan, dan masukkan dalam mangkuk. Tambahkan ikan atau udang, lalu tuangkan kuah.

  1. Kapurung

Beragam kota di Pulau Sulawesi mempunyai kemiripin, termasuk dalam hal makanan. Bisa saja ragam makanan tertentu bisa kamu temukan sebagai makanan khas di sebagian tempat. Kapurung merupakan salah satu seumpama. Masakan yang satu ini termasuk dalam daftar makanan sedap di Palu yang bisa kamu temukan di bermacam-macam sudut kota.

Namun kamu juga bisa menemukan Kapurung di Palopo, Sulawesi Selatan. Ciri khas kapurung merupakan menggunakan sagu sebagai bahan baku utama. Kerja memasaknya cukup gampang, merupakan sagu dilarutkan menggunakan air panas, yang kemudian akan mengental.

Berikutnya, olahan sagu ini dibentuk bulat kecil seperti bakso. Penyajiannya merupakan dengan menambahkan bermacam-macam ragam sayuran segar dan kuah.

  1. Uta Dada

Kamu pasti susah untuk stop kalau sudah mencoba makanan khas Palu, uta dada. Sajian masakan yang satu ini memang akan benar-benar menggoyang lidah kamu dengan cita rasanya yang gurih dan juga pedas.

Santan, sebagai bahan utama masakan ini memang sudah tenar bisa memberikan rasa yang lezat pada tiap-tiap ragam masakan. Uta dada sendiri hakekatnya mengandung arti “kuah santan”.

Masakan lezat yang satu ini bisa kamu temukan dengan menggunakan daging ayam, terutamanya komponen dada, atau juga menggunakan ikan cakalang.

  1. Lalampa

Jangan terkecoh dengan tampilannya yang mirip lemper, karena produk yang satu ini bukanlah lemper bakar. Nama makanan ini merupakan lalampa, merupakan ragam makanan dengan cita rasa gurih yang merupakan olahan beras ketan, santan, dan garam serta mempunyai isian gilingan ikan bakar dan bumbu khas.

Bagaimana rasanya? Susah untuk menjelaskannya dengan kata-kata, karena rasa gurihnya yang tiada tara. Jadi, kamu mesti mencobanya kalau berkunjung ke Palu. Bagaimana rasanya? Susah untuk menjelaskannya dengan kata-kata, karena rasa gurihnya yang tiada tara. Jadi, kamu mesti mencobanya kalau berkunjung ke Palu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *