Manis Kering Tembose: Camilan Tradisional Khas Kepulauan Riau yang Menggugah Selera

Di antara wewangian harum kopi yang menggoda di tiap-tiap warung kopi di Tanjungpinang dan Bintan, terseliplah camilan khas yang menjadi pendamping setia minuman ini, yakni Manis Kering Tembose. Manis kering yang lezat ini yakni salah satu makanan tradisional Kepulauan Riau dan menjadi favorit banyak orang di kawasan ini.

Manis Kering Tembose: Kaya Rasa dan Aroma

Manis Kering Tembose terbuat dari kulit kue yang terbuat dari tepung gandum, minyak makan, dan air hangat. Melainkan, kekuatan tarik hakekatnya berlokasi pada isiannya yang menggugah selera. Isi kue terdiri dari abon berbahan ikan bilis yang diolah dengan sempurna. Rasanya pedas manis dengan wewangian kari yang menggugah judi bola online selera. Selain ikan bilis, bahan isinya juga meliputi bawang merah, bawang putih, keledek (ubi jalar), minyak goreng, daun sop, bumbu kari, cabai merah, santan, garam, dan penyedap rasa. Tidak jarang pula, beberapa tipe tambahan seperti halia (jahe) dan kentang juga diterapkan sebagai bahan isi kue ini.

Makanan Tradisional dengan Poin Ekonomis

Manis Kering Tembose mempunyai peran penting dalam ekonomi masyarakat Kepulauan Riau, lebih-lebih di Tanjungpinang dan Bintan. Banyak masyarakat yang mengambil peluang dengan membuat dan menjual kue ini. Hal ini berpengaruh positif terhadap perekonomian keluarga mereka karena tingginya permintaan akan kue ini, lebih-lebih ketika ada acara kenduri atau selamatan. Dengan mendapatkan pesanan dalam jumlah besar, mereka dapat meraih penghasilan yang menjanjikan.

Baca juga : Nagasari: Penganan Spesial yang Menarik Selera di Perayaan 1 Muharam di Tanjungpinang

Camilan Sehari-hari yang Istimewa

Manis Kering Tembose yakni camilan istimewa yang dapat dirasakan sehari-hari. Sesuai disantap ketika bersantai dengan minum teh atau kopi di petang hari. Selain itu, kue ini juga dapat dirasakan kapan saja tanpa batasan waktu. Kelezatannya membuatnya menjadi camilan favorit bagi seluruh keluarga dan juga dapat dihidangkan sebagai hidangan istimewa ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah.

Resep Manis Kering Tembose

Berikut yakni resep simpel untuk membuat Manis Kering Tembose:

Bahan:

  • 1 kg tepung terigu
  • 2 buah telur
  • 100 gram mentega (cairkan)
  • Air garam secukupnya

Bahan Isi:

  • 1 kg kentang
  • 500 gram ikan bilis
  • 5 ulas bawang merah
  • 1 ulas bawang putih
  • 1 cm halia
  • Merica dan garam secukupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *