Mencicipi Kelezatan Mie Ongklok, Masakan Mesti ketika Liburan di Dieng

Liburan ke Dieng belum afdol apabila belum mencicipi mi ongklok. Masakan khas Wonosobo, Jawa Tengah ini memang sungguh-sungguh gampang dijumpai di kawasan objek wisata tersebut.

Keunikan mi ongklok terletak pada tekstur kuahnya yang kental. Kuah mi ongklok terbuat dari campuran tepung tapioka, bawang merah, bawang putih, gula jawa, dan beberapa bumbu rempah.

Meskipun untuk olahan mi-nya sendiri dijadikan mengaplikasikan keranjang kecil berbahan bambu yang umum disebut ongklok. Dari sinilah nama mi ongklok didapatkan.

Pada pelaksanaan pengolahannya, mi akan digoyang-goyang sampai memunculkan suara ongklok-ongklok. Setelah matang, baru dicampurkan dengan kuahnya dan makanan komplemen,\\” kata Mbah Someri, juru masak di rumah makan Selera Raja ketika dijumpai di kawasan Dieng, Minggu 26 Juli 2020.

Lebih lanjut Someri mahjong ways membeberkan, mi ongklok lazimnya disajikan dengan irisan tahu bacem, sayur kol, dan potongan daun kucai. Kombinasi bahan-bahan tersebut menyuguhkan sensasi rasa manis dan gurih.

Ada beberapa sistem untuk merasakan mi ongklok supaya rasanya lebih nendang. Someri mengatakan, kebanyakan warga dieng menyantap mi ongklok dengan sate ayam dan tempe kemul (mendoan).

Bila suka makan dengan sensasi kriuk, paling pas makan mi ongklok dengan tempe kemul,\\” kata Mbah Someri.

bahkan berkesempatan mencicipi segera kelezatan mi ongklok. Rasanya memang terbilang unik sebab didominasi rasa manis dari gula jawa. Tekstur minya juga cukup lembut dan gurih, apalagi apabila disantap berbarengan dengan potongan tahu bacem.

Tapi bagi Anda yang tak terlalu suka makanan bercita rasa manis, sebaiknya memesan hidangan lain. Tak perlu khawatir, rumah makan Selera Raja juga menyuguhkan beberapa menu yang tak kalah lezatnya seperti nasi goreng, tongseng ayam, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk harga mi ongklok sendiri dibanderol dengan harga yang sungguh-sungguh relatif murah. Satu porsi mi ongklok dibanderol senilai Rp10 ribu saja. Murah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *