Juhu Singkah, Masakan Khas Kalimantan Tengah Terupdate

Rotan terbukti tidak hanya dibuat bahan kerajinan tangan saja. Rotan dapat dibuat bahan menu masakan. Nah masyarakat Palangkaraya Kalimantan Tengah ini merubah rotan menjadi masakan yang disebut Juhu Singkah atau Umbut Rotan.

Juhu Singkah merupakan makanan khas dari suku dayak ngaju. Walaupun di tengah masyarakat suku dayak mayan karenanya masakan ini memiliki sebutan yang berbeda merupakan uwut nange. Arti dari makanan ini merupakan rotam muda.

Metode membuat makanan khas dayak humaskepri.id ini rotan muda dibersihkan kemudian kulitnya dibuang dan dipotong dalam ukuran kecil. Makanan dayak ini acap kali dimasak bersama dengan ikan baung dan terong asam.

Masakan khas dayak ini memiliki rasa yang gurih, asam, dan kepahit-pahitan yang bercampur dengan rasa manis dari daging ikan, sehingga membuat makanan dari dayak memiliki citarasa tersendiri. @WIRI

Melintasi jalan lingkar selatan Kota Serang, tepatnya di tempat Ciracas sebelah Kiri dari perempatan lampu merah sebelum pom bensin saat ini dapat ditemui Kafé V & G yang kemarin (18/7/2020) baru saja melaksanakan Grand Opening usaha kulinernya. Dalam kesempatan launching V & G Coffee and Foodbar tersebut Walikota Serang, Syafrudin, berkesempatan membuka secara simbolis dengan menandatangani prasasti dan memotong tumpeng sebagai tanda dibukanya operasional restoran dengan sah

Syafrudin menyuarakan selamat dan sukses terhadap Ibra Sekeluarga atas dibukanya restoran, semoga membawa manfaat bagi masyarakat Kota Serang. “Tentunya memang perlu menghidupkan kembali sektor ekonomi di tengah masa pandemi Covid-19, UMKM berperan penting dalam membangkitkan roda perekonomian di Kota serang,” jelas Syafrudin.

Syafrudin, menegaskan perlu diingat bahwa protokol Covid harus senantiasa diterapkan, menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, pengecekan suhu badan. “Saya mengamati V & G disiplin menggunakan hal tersebut, selain menunya yang menurut aku pas di lidah,” kata Syafrudin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *