Masakan dengan Sejarah Makanan Bulgogi Asal Korea yang Telah Mendunia dengan Olahan Daging

Bulgogi ialah makanan khas Korea yang telah terkenal di semua dunia. Menu ini ternyata ialah hidangan istimewa bagi para raja-raja saat kekaisaran di Korea masih berjaya.

Dirangkum dari beragam sumber, bulgogi telah ada sejak Dinasti Goguryeo pada sekitar tahun 37 SM- 668 M.

Bulgogi ialah evolusi makanan dari sate korea yang disebut maekjeok. Kemudian kembali berevolusi menjadi slot mahjong seorymyeok yang ialah olahan daging dengan rendaman kaldu dingin yang khas.

Lalu barulah menjadi beobiani yang tampilannya lebih mirip dengan bulgogi saat ini.

Bulgogi terbuat dari daging sapi kwalitas terbaik atau premium. Makanya pada zaman itu, hanya kalangan bangsawan yang dalam merasakan bulgogi.

Biasanya daging sapi bagian sirloin, tenderloin yang dipakai untuk bahan bulgogi.

Sedangkan khas dari Korea, tapi makanan ini dapat diterima lidah semua warga dunia. Karena bulgogi mempunyai rasa yang mirip dengan BBQ.

Kalau di Korea ada bulgogi, di Jepang ada yakiniku. Penampilan kedua makanan ini memang sungguh-sungguh mirip. Perbedaannya ada pada rasa. Bulgogi cenderung manis dengan menerapkan bumbu gochuajang (fermentasi beras ketan dan bubuk cabai). Sedangkan yakiniku punya rasa manis gurih khas Jepang.

Sistem penyajiannya juga berbeda, bulgogi biasa dimakan dengan metode memasukkan daging ke dalam selada lalu digulung dan hap masuk mulut.

Kalau yakiniku, dapat seketika dimakan gunakan nasi seperti itu saja.

Yang pasti, bagus bulgogi maupun yakiniku punya rasa istimewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *